Cara Mendidik Anak yang Benar, Ternyata Tak Sulit

Cara Mendidik Anak yang Benar, Ternyata Tak Sulit

Cara mendidik anak yang benar – Mendidik anak bandel menjadi anak yang patuh dan menurut apalagi berprestasi memang tidak semudah seperti membalikan telapak tangan karena memang butuh kesabaran yang besar.

Banyak orang tua yang dibuat pusing dalam menemukan cara mendidik anak yang benar, makin pusing karena anak sangat nakal dan susah diatur. Apalagi jika berpergian dan membawa serta mereka ke tempat yang baru, mereka akan berlari hilir mudik serta mengganggu orang lain dan kalau kita tegur dan dinasihati mereka akan menangis tidak terima atau bahkan menyerang kita dengan pukulan dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengatasi Anak Nakal Secara Islam

Ketika ini terjadi, bukan hanya Anda yang kerepotan. Saat anak meronta-ronta dihadapan umum akan membuat Anda malu bahkan sulit mengendalikan mereka dan Anda akan kehabisan cara mendidik anak yang benar untuk mengatasi anak nakal dan bandel. Dalam kondisi begini, tak jarang para orang tua khilaf dengan menyakiti anak mereka sendiri. Padahal ini adalah cara yang salah dalam mendidik anak.

Cara Mendidik Anak yang Benar dan Mudah

Lalu, bagaimana cara mendidik anak yang benar agar bisa mengurangi sifat nakal atau bandelnya? Berikut ini adalah cara ampuh yang bisa diaplikasikan.

1. Tidak Memberikan Predikat “Nakal” Pada Anak

Sewaktu Anda mendapati anak sulit sekali diatur dan seringkali rewel sewaktu diberikan nasihat dan pengertian, maka jangan terburu-buru memberikan mereka predikat ‘anak nakal’, ‘anak bandel’ dan lain sebagainya. Karena predikat nakal yang Anda berikan pada mereka akan membuat mereka tidak percaya diri dan predikat itu akan membuat mereka seperti diberikan label yang terus melekat dalam diri sehingga membuat mereka merasa sia-sia saat menjadi anak yang baik.

Solusinya, sewaktu anak melakukan kesalahan segera dekati anak Anda, utamakan cara mendidik anak yang benar, pegang pundaknya, lalu berikan mereka pengertian untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi  karena itu perbuatan tidak terpuji, berikan tatapan mata yang bersahabat dan buat mereka berjanji untuk tidak mengulangi hal itu lagi.

2. Jadilah contoh yang baik

Ketika kita mengharapkan anak bisa berperilaku baik dan bersahaja, maka perbaiki terlebih dahulu sikap kita dan jadilah contoh yang baik untuk mereka. Cara mendidik anak yang benar tidak hanya pada teori dan nasihat, namun juga harus dibarengi dengan praktek dan kenyataan. Anak-anak umumnya akan meniru apa yang mereka saksikan.

Jika perbuatan dan perilaku kita tidak sesuai dengan norma yang berlaku maka jangan heran jika anak Anda menjadi sangat nakal dan sulit diatur.

3. Bersikaplah yang lembut

Saat anak melakukan kesalahan apalagi perbuatan tersebut dilakukan di depan umum yang membuat kita malu, mungkin Anda ingin sekali memarahi mereka, namun orang tua yang baik harus mampu menahan diri. Sebaiknya dekati anak dengan hati dan tanyakan pada anak kenapa hal itu mereka lakukan.

Setelah itu berikan nasehat dan sampaikan dengan lembut dan penuh kasih sayang agar anak merasa bersalah dengan perbuatannya dan berjanji takkan mengulanginya.

Baca juga : Tips agar Disayang Mertua yang Mudah Dilakukan

4. Jadilah orang tua yang konsisten.

Berhentilah memberikan toleransi pada anak sewaktu anak melakukan kesalahan diluar batas kewajaran yang Anda tetapkan. Karena semakin banyak toleransi yang Anda berikan akan membuat anak lebih leluasa melanggar semua peraturan yang telah Anda buat untuk mereka. Dengan demikian, anak Anda akan jauh dari sifat pembangkang dan sulit diatur.

Bagaimana dengan Anda, sudah mulai paham cara mendidik anak yang benar? Semoga Anda bisa mengaplikasikannya dalam membentuk mental anak agar lebih baik.

Pada prinsipnya, penyebab anak menjadi penurut atau bahkan menjadi nakal, sedikit banyak dipengarui oleh campur tangan orang tua dalam menerapkan pola asuh pada anak. Pola asuh ibu dan cara mendidik anak agar menjadi pintar dan tidak nakal lagi sangat menentukan perilaku mereka.

Cara-cara diatas diharapkan mampu membantu Anda dalam mendidik anak yang nakal dan bandel menjadi anak yang baik, patuh, penurut, disiplin dan bertanggung jawab. Hanya saja kesabaran adalah kunci utamanya. Namun apabila semua cara telah Anda lakukan tetapi Anak Anda tetap nakal dan bandel, dapatkan solusinya dengan kapsul Kecerdasan.

Baca juga artikel menarik lainnya :

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*