Cara Mengatasi Selingkuh Menurut Islam

Cara mengatasi selingkuh menurut Islam

Cara mengatasi selingkuh – Pernikahan sebagai ibadah suci dan sakral atas nama Allah yang menyatukan Anda dengan pasangan. Karena itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban Anda kepada Allah sudah dipatutnya biduk rumah tangga selalu dijaga agar selalu langgeng hingga maut memisahkan.

Namun, sekarang ini ada banyak masalah keluarga yang dapat memperburuk hubungan Anda dengan pasangan, baik masalah internal maupun eksternal sehingga mampu menggoyahkan kehidupan perkawinan. Salah satu masalah eksternal yang menjadi pemicu timbulnya masalah rumah tangga yang kronis hingga sering menyebabkan perceraian adalah perselingkuhan dan parahnya banyak pasangan yang tak tahu bagaimana cara mengatasi selingkuh yang tepat hingga akhirnya rumah tangga mereka justru berantakan.

Jangan Cemas, Begini Cara Mengatasi Selingkuh Secara Islam

Apakah sekarang ini rumah tangga Anda sedang bermasalah yang diakibatkan perselingkuhan yang dilakukan oleh pasangan Anda? Bagi Anda yang memiliki pasangan berselingkuh, janganlah cemas karena masalah perselingkuhan ini dapat Anda atasi dengan mengandalkan jalan Allah. Hanya Allah yang menyatukan Anda dengan pasangan sebagai suami istri dan juga hanya Allah sajalah yang dapat membantu Anda mengatasi masalah dalam kehidupan pernikahan Anda.

1. Cara mengatasi selingkuh: Mengingatkan pasangan Anda bahwa Allah membenci hamba-Nya yang berselingkuh

Dalam Islam, bercerai itu tidak haram, baik karena ada perselisihan ataupun tidak. Meskipun begitu, bercerai itu tetap tidak dianjurkan oleh Rasulullah.

  • Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.(QS. Al Isro 32)
  • Rasulullah bersabda, “Perkara halal yang tidak disukai Allah adalah perceraian (talak).” (HR. Abu Daud, Baihaqi, Ad-Daruqutni.)
  • Di dalam surat Al-isra’ sudah dijelaskan yang artinya; “Dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.”

Baca juga : Cara Mendidik Anak yang Benar, Ternyata Tak Sulit

2. Cara mengatasi selingkuh: Memaafkan kesalahan pasangan yang sudah berselingkuh

Memaafkan sikap perselingkuhan yang telah dilakukan oleh pasangan merupakan sikap yang sangat terpuji. Hal ini tampak dalam firman Allah pada kutipan berikut.

  • Allah berfirman dalam Asy-Syuro 42:40, “Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.”
  • Allah berfirman dalam Al-Baqarah 2:237, “Dan pemaafan kamu itu lebih dekat kepada takwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kamu kerjakan.”
  • Nabi bersabda dalam hadits riwayat Muslim no. 2588, “Allah akan menambah kemuliaan pada orang yang memaafkan.”

3. Cara mengatasi selingkuh: Mendoakan pasangan yang sudah berselingkuh agar segera bertaubat

Cara mengatasi selingkuh menurut Islam dapat dilakukan dengan berdoa. Doakanlah pasangan Anda pada hal-hal yang baik agar ia segera bertaubat dan menyesali perbuatan zinanya dan tidak akan mengulanginya. Bahkan, bagi Anda yang menjadi korban perselingkuhan boleh hukumnya mendoakan buruk bagi pasangan yang telah berlaku dzalim atau menyelingkuhi Anda asalkan doa buruk tersebut tidak berlebihan. Hal tersebut terlihat dari dalil berikut.

  • Allah berfirman dalam Quran Surah (QS) An-Nisa’ 4:148, “Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”
  • Hadits riwayat Ibnu Abi Hatim, Nabi bersabda, “Dibolehkan (diberi dispensasi) bagi seseorang untuk mendoakan (buruk) pada orang yang menzaliminya dengan tanpa berlebihan.” (Lihat Tafsir Tabari IX/344).
  • Hadits riwayat Tirmidzi no. 1905, Nabi bersabda, “Tiga doa yang pasti istijabah (diterima oleh Allah): doa orang teraniaya, doa musafir, doa ayah pada anaknya.”

4. Cara mengatasi selingkuh: Mempertahankan rumah tangga dengan tetap mencintai pasangan Anda

Sebagai korban perselingkuhan, dengan alasan masih mencintai pasangan maka Anda boleh tetap mempertahankan biduk rumah tangga dengan tidak menggugat cerai kepada pasangan Anda dan memberikan kesempatan kepada pasangan untuk memperbaiki diri. Meski hal ini tampak susah dilakukan, langkah ini dipercaya sebagai cara mengatasi selingkuh yang kemungkinan dapat saja dilakukan oleh pasangan Anda di masa depan. Hal ini sejalan dengan kutipan berikut ini.

Rasulullah bersabda, “Seorang laki-laki datang menghadap Nabi dan berkata: Istri saya tidak menolak tangan jahil (baca, suka selingkuh). Nabi menjawab: ceraikan dia. Laki-laki itu berkata: Tapi saya masih sayang. Nabi berkata: Kalau begitu, pertahankan (tidak perlu bercerai).” (Hadits riwayat (HR) Abu Daud)

Baca juga : 10 Cara Menjadi Wanita Idaman Pria

Nah, itulah beberapa cara mengatasi selingkuh menurut Islam yang dapat Anda lakukan agar kehidupan rumah tangga lebih damai dan membahagiakan.

Selain cara-cara hebat di atas, Anda juga dapat mencoba cara lain dalam mengatasi selingkuh, yaitu dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang akan membantu Anda mengembalikan keharmonisan keluarga Anda. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Bioenergi.

Baca juga artikel menarik lainnya :

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*