Mengatasi Anak Nakal Secara Islam

Mengatasi Anak Nakal Secara Islam

Mengatasi anak nakal – Anak adalah titipan Allah. Karena itu, kita sebagai orangtua, wajib dan bertanggung jawab untuk selalu menjaga, merawat, dan mendidiknya dengan baik. Hal tersebut kita lakukan dengan harapan agar anak kita kelak tumbuh dan berkembang menjadi anak sholeh, cerdas, dan menjadi kebanggaan orangtua, bangsa, dan agama.

Namun, sayangnya harapan tersebut tidak selalu dapat terwujud dengan mudah. Meski sudah berusaha memberikan pola asuh, pola pendidikan yang baik, anak kita masih bisa menjadi anak yang nakal, pembangkang, dan tidak taat beragama. Jika hal tersebut sudah terjadi, apa yang bisa kita lakukan selain hanya bisa berusaha dan berserah kepada Allah.

Para Orang Tua, Begini Cara Mengatasi Anak Nakal Secara Islam

Apakah Anda saat ini sedang mengalami hal serupa? Jangan cemas karena agama Islam telah memberikan cara yang sangat efektif dalam mengatasi anak nakal. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak nakal menurut Islam yang sudah banyak memberikan perubahan positif terhadap kelakuan negatif anak.

1. Ajarkan shalat

Mengajarkan shalat pada anak merupakan cara mengatasi anak nakal yang wajib Anda lakukan. Bagi Anda yang memiliki anak berusia 7-10 tahun maka Anda sebagai orangtuanya harus memerintahkannya mendirikan shalat.

Sabda Rasulullah Saw., “Perintahkanlah anak-anakmu mendirikan shalat ketika mereka berumur 7 tahun, dan pukullah mereka karena tidak shalat ketika berumur 10 tahun, dan pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka.” (H.R. Ahmad & Abu Daud)

“Dan perintahkanlah ahli keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu di atas kesukaran-kesukaran yang kamu hadapi karenanya.” (Toha:132)

Baca juga : Cara Mendidik Anak yang Benar, Ternyata Tak Sulit

2. Tidak melakukan tindak kekerasan pada anak

Berbuat kasar kepada anak bukanlah cara mengatasi anak yang tepat. Rasulullah Saw. memberikan nasihat kepada orangtua agar dapat menahan emosi dan bersikap sabar saat anak bertindak nakal.

Pesan Rasulullah Saw. kepada Muadz bin Jabal dari hadits riwayat Ahmad yang mengatakan, “Janganlah mengangkat tongkatmu terhadap mereka untuk mendidik, tetapi pertakutilah mereka dengan Allah.”

3. Memberikan nasihat dan teguran yang baik

Saat anak bersikap membangkang, berikanlah nasihat yang disertai dengan teguran yang baik. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi anak nakal sesuai ajaran Nabi Muhammad.

Hal ini ditunjukkan Nabi Muhammad. Dalam hadits, Nabi Muhammad bersabda kepada anak paman beliau yang bernama Abdullah bin Abbas,”Wahai anak kecil, sesungguhnya aku ingin mengajarkan beberapa kalimat (nasehat) kepadamu: jagalah (batasan-batasan/syariat) Allah maka Dia akan menjagamu, jagalah (batasan-batasan/syariat) Allah maka kamu akan mendapati-Nya di hadapanmu.”

“Wahai anak kecil, sebutlah nama Allah (sebelum makan), dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah (makanan) yang ada di hadapanmu.”

4. Membuat peringatan agar anak tidak mengulangi kenakalan

Orangtua harus bertanggung jawab membimbing anak-anaknya menjadi anak Allah sehingga orangtua harus melakukan pendidikan sekaligus pembinaan agar anak-anak selalu ingat akan hal tersebut untuk tidak mengulangi kenakalannya. Hal ini secara tersirat tampak pada kutipan hadits berikut ini.

Nabi Muhammad menganjurkan, “Gantungkanlah cambuk (alat pemukul) di tempat yang terlihat oleh penghuni rumah, karena itu merupakan pendidikan bagi mereka”.

Hadist tersebut tidak diartikan bahwa orangtua harus memukul anaknya dalam mendidik mereka, tetapi jadikan hal tersebut sebagai pendidikan mereka.

5. Bersikap lembut dan sabar

Ubahlah sikap negatif anak Anda dengan memberikan kasih sayang, sikap yang lemah lembut dan sabar karena hal tersebut menjadi salah satu cara mengatasi anak nakal. Orangtua yang baik adalah orangtua yang mampu menahan amarahnya. Sikap baik ini menjadi teladan bagi anak-anak Anda.

Sabda Rasulullah Saw, “ bukanlah orang yang kuat itu (diukur) dengan (kekuatan) bergulat(berkelahi), tetapi orang yang kuat adalah yang mampu menahan dirinya ketika marah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca juga : Tips agar Disayang Mertua, Anda Mau Coba?

6. Mendoakan agar anak menjadi anak sholeh

Bacalah doa-doa dan lakukan amalan berikut ini sebagai cara mengatasi anak nakal menurut Islam.

  • “Rabbana Hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun, waj’alna lilmuttaqina imamaa.” Kemudian, lanjutkan dengan doa:
  • “Rabbi awzi’ni an asykuro ni’matakallati an’amta ‘alayya. Wa ‘ala waalidayya wa an a’mala sholihan tardhoh, wa ashlih lii fi dzurriyatiy innii tubtu ilaika wa inna minal muslimin.”
  • Bacalah “Ya Latif” sebanyak 7 kali, lalu embuskan ke ubun-ubunnya.
  • Bersalawat dan beristiqamah dalam hati serta berdoa kepada Allah Swt agar dapat melembutkan hati anak Anda.

Demikian beberapa cara mengatasi anak nakal menurut Islam yang dapat Anda lakukan. Sudah siapkah Anda memberikan perubahan positif pada anak Anda?

Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa atau semua cara di atas, namun anak Anda masih saja nakal dan susah diatur maka sebaiknya Anda segera melakukan cara yang terakhir, yaitu dengan memberikan anak Anda Kapsul Kecerdasan dari Bioenergi yang akan mengubah anak Anda menjadi anak yang sholeh atau sholehah, pintar, dan penurut. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Kapsul Kecerdasan.

Baca juga artikel menarik lainnya :

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*